Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Gelar Peringatan Nu

Jadikan Alquran sebagai Petunjuk dalam Kehidupan Sehari-hari

Ustadz Zulkarnain Umar sampaikan tausiah peringatan Nuzul Quran di Masjid Nurul Muhsinin, Ahad (17/4/2022)rul

Laporan:  Hendri Zainuddin
Pekanbaru


      BERTEPATAN dengan malam yang ke-17 bulan ramadhan, pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai mengelar peringatan Nuzul Quran, 1443 H Ahad (17/4/2022).Sebelum pelaksanaan Nuzul Quran,  jamaah terlebih dahulu melakukan salat isya taraweh dan witir.Sebelum acara dimulai, Ketua Pengurus Masjid  Nurul Muhsinin Martony mengucapkan terima kasih kepada panitia ramadan yang telah bersama-sama melakukan kegiatan yang dimulai dari sore dengan berbuka bersama.

 "Saya ucapkan terimakasih kepada semua panitia ramadan yang telah bekerja dalam menyelengarakan kegiatan, seperti  acara berbuka  bersama setelah magrib tadi. Setelah itu, juga melaksanakan peringatan Nuzul Quran ini. Dimana semua rangkaian yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan sukses," kata Martony.

Sambung Martony, dalam kesempatan ini ia juga berharap kepada jamaah yang ada di lingkungan RW 06,  supaya datang untuk meramaikan  ke masjid. Terlebih saat ini dalam bulan ramadan, sehingga amal yang dilakukan akan dibalas Allah SWT dengan berlipat ganda. "Momen bulan ramadan ini perbanyaklah beramal. Karena bulan ini, adalah bulan yang mulia dan keberkahan.

Maka dari itu, tingkatkanlah amal ibadah, sehingga dosa yang kita lakukan mendapat ampunan oleh Allah SWT. Selain itu, pada malam ini kita  melaksanakan peringatan Nuzul Quran,. Seiring dengan itu marilah kita banyak membaca alquran. Dimana alquran merupakan pedoman kita dalam kehidupan sehari-hari, " terang Martony.

Dalam pelaksanaan Nuzul Quran itu ustadz yang memberikan tausiah yakni ustadz dr H Zulkarnain Umar MSi.

Dijelaskan Zulkarnain bahwa makna dari nuzul quran yakni turunnya kitabulah. Dan alquran pertama kali diturunkan kepada nabi Muhammad di Goa Hira, kemudian di rumah dan di bukit  Safa dekat kabah. 

Diturunkannya alquran di muka bumi ini adalah sebagai petunjuk manusia dalam menjalani hidup. Banyak manfaat jika membaca alquran. 

Sebab alquran merupakan kalam Allah SWT, karena didalamnya ada perintah dan larangan bagi manusia, sehingga manusia bisa tahu apa perbuatan yang benar dan salah."Alquran ini merupakan petunjuk bagi seluruh umat manusia di muka bumi ini. Jika ingin selamat dunia dan akhirat maka jadikan alquran sebagai petunjuk. Dengan begitu hidup akan damai dan tenang. Selain itu, jadikanlah alquran sebagai tuntunan dalam kehidupan," ujar Zulkarnain. Diterangkan Zulkarnain, selaniutnya alquran juga merupakan sebagai obat , pelindung dan memberikan safaat yang benar kepada manusia. 


 "Makanya teruslah baca alquran dalam kehidupan. Selain itu, galilah makna yang ada didalamnya. Karena dengan bersama alquran, hidup akan nyaman dan tentram, bahkan nanti di yaumil akhir alquran akan menjadi cahaya dan memberikan safaat yang dahsyat bagi orang yang selalu membacanya," tutur Zulkarnain..Terlihat hadir dalam kegiatan Nuzul Quran Ketua Masjid Nurul Muhsinin Martony, Ketua RW 06 Yuliyos Kahar, para RT serta ratusan warga. Pelaksanaan Nuzul Quran berjalan aman dan sukses. 


Warga RW 06 Buka Bersama


Dalam rangka menjalin silaturahmi dengan warga, pengurus Masjid Nurul Muhsinin juga mengelar acara berbuka bersama. Kegiatan berbuka bersama itu dilaksanakan di halaman parkir samping masjid serta di depan masjid. Pada kesempatan itu, terlihat ratusan warga atau jamaah turut hadir bersama-sama untuk berbuka puasa.

"Ya tadi ada kegiatan buka bersama . Dimana seluruh warga 06 dan sekitar masjid hadir bersama untuk berbuka. Kegiatan buka bersama ini dilakukan untuk saling kenal dan menjalin tali silaturahmi antara sesama," ungkap Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Martony SM SH MSi kepada Kiblatriau.com, Ahad (17/4/2022).

Dijelaskan Martony, untuk tahun ini pelaksanaan berbuka bersama ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. "Untuk  tahun yang lalu, yang menyediakan makanan dan snak ibu-ibu di sekitarnya. Namun,  tahun ini, kita sewa catering dan tinggal  menikmatinya. Semoga kegiatan berbuka ini dapat menjalin hubungan antar sesama jamaah semakin baik serta kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya," tutur Martony. ***

 

 

 

 


.


Berita Lainnya...

Tulis Komentar